beritaberita home

Sosialisasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c untuk SMP Swasta

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah merilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c dalam rangka pemutakhiran data Semester 2 Tahun Ajaran 2018/2019 yang merupakan perbaikan dan pembaruan dari Versi 2019.b. Perbaikan ini sebagai bentuk tindak lanjut dari laporan-laporan adanya bugs. Beberapa perbaikan dan pembaruan pada aplikasi ini di antaranya yaitu pengaturan untuk mengakomodasikan program SKS, pengaturan pada rombongan belajar, validasi pada NIK, NISN, dan titik koordinat serta pengaturan lainnya.

Dalam rangka peningkatan kualitas data pokok pendidikan dasar dan menengah Dinas Pendidikan Provins/ Kabupaten/Kota melakukan verifikasi atas kelengkapan dan kebenaran data profil sekolah, rombongan belajar, individu peserta didik, guru dan tenaga kependidikan dan sarana dan prasarana yang diinputkan kedalam aplikasi dapodik. Apabila ditemukan data yang akurasinya diragukan, segera menginstruksikan sekolah untuk melalukan perbaikan data melalui dapodik. Jika hasil verifikasi, terdapat sekolah yang sudah tidak beroperasi dan tidak melakukan sinkronisaisi dapodik selama 3 semester berturut-turut akan dilakukan penghapusan secara otomatis dari sistem dapodik.

Untuk mendukung peningkatan kualitas data, Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/kota dapat melalukan pelatihan, bimbingan teknis, sosialisasi dan layanan teknis terkait Aplikai Dapodikdasmen, sekaligus memastikan keberadaan sekolah dalam keadaan aktif beroperasi
Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang melaksanakan sosialisasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c jenjang SD dan SMP ke setiap kecamatan di Kabupaten Sampang. Dinas Pendidikan Mempunyai focus target yaitu :

  1. Update Data Prasarana beserta Sarana Pendukung sesuai format yang disediakan dan sesuai dengan keadaan sekolah
  2. Mekanisme Verifikasi dan Validasi GTK dilaman vervalGTK Kemdikbud
  3. Menemukan cara, tips dan solusi terkait lemahnya pengetahuan Kepala Sekolah dan warga sekolah tentang metode pengisian prosentase kerusakan ringan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *