Seksi sarana prasarana bidang pembinaan SMP meluncurkan produk baru di pertengahan tahun 2021. Disebut e-sarpras, aplikasi ini bertujuan untuk mengetahui keadaan sarana prasana sekolah secara detail, mulai dari jenis, jumlah, keadaan hingga history sarana dan prasarana yang ada. E-sarpras dikelola oleh Dinas Pendidikan dengan seluruh SMP Negeri sebagai base data di dalamnya.
Kepala seksi sarana dan prasarana SMP, Ach. Tohairuddin, SH, MT, mengatakan bahwa dasar pembuatan aplikasi ini agar Dinas Pendidikan lebih tepat sasaran dalam pengusulan bantuan sarana dan prasarana. Hal ini sangat penting mengingat kadangkala terdapat perbedaan antara data sarana dan prasarana di DAPODIK dengan data keadaan sarana dan prasarana yang ada di lapangan.
“Jadi data yang kita diinput ke aplikasi ini berdasarkan hasil validasi dan sinkronisasi data sarana dan prasarana yang telah tim kami lakukan sebelumnya,” jelas kepala seksi sarana dan prasarana SMP tersebut.
Untuk sementara ini penerima manfaat aplikasi e-sarpras hanya terdiri dari lembaga SMP Negeri di Kabupaten Sampang. “Karena SMP Negeri nantinya akan berkaitan dengan pencatatan aset daerah. Tapi juga tidak menutup kemungkinan kita akan menambah data lembaga SMP Swasta,” imbuhnya.
Semoga dengan diluncurkannya aplikasi e-sarpras SMP ini, pencatatan data sarana dan prasarana dan pengusulan pemberian bantuan menjadi lebih teratur, rapi, dan mudah.
 

By disdik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *