sambung tugas

Sekretariat

(1)  Sub Bagian Umum, mempunyai tugas :

a. melaksanakan penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat, penggandaan naskah dinas, kearsipan dan perpustakaan;

b. melaksanakan urusan rumah tangga dan keprotokolan;

c. melaksanakan tugas bidang hubungan masyarakat;

d. menyusun perencanaan dan pelaksanaan urusan kepegawaian;

e. melaksanakan penyusunan kebutuhan perlengkapan, pengadaan, perawatan perlengkapan kantor dan pengamanan;

f.  membantu penyelesaian masalah hukum di luar pengadilan (non yudisial);

g. menyiapkan bahan penataan kelembagaan, ketatalaksanaan dan perundang-undangan;

h.menyiapkan bahan perencanaan jaringan teknologi informasi dan pemeliharaannya (maintenance);
dan

i.  melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris

(2)  Sub Bagian Program, mempunyai tugas :

a. menghimpun data dan menyiapkan bahan koordinasi penyusunan program;

b. melaksanakan pengolahan data dan perencanaan program;

c.  menghimpun data, menyusun Rencana Strategis Dinas dan evaluasinya;

d. menghimpun data dan menyiapkan bahan penyusunan program anggaran, Rencana Kerja dan evaluasinya;

e.  menyiapkan bahan perencanaan sistem penganggaran dan kebijakan;

f.   menyiapkan bahan monitoring serta evaluasi organisasi dan pelaporan;

g. menyusun Laporan Capaian Program Kegiatan; dan

h. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris

(3)  Sub Bagian Keuangan, mempunyai tugas :

a. melaksanakan pengelolaan keuangan termasuk pembayaran gaji pegawai;

b. melaksanakan koordinasi pelaksanaan kegiatan termasuk penyelesaian rekomendasi hasil pengawasan;

c.  melaksanakan pengelolaan akuntansi keuangan;

d. melaksanakan pengadministrasian dan penatausahaan keuangan;

e.  menyusun laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan pengelolaan keuangan; dan

f.   melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris.

Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal/Informal 

(1)   Seksi Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, mempunyai tugas :

a.     merencanakan dan melaksanakan anggaran Seksi pada Pendidikan Anak Usia Dini;

b.     menyusun petunjuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Pendidikan Anak Usia Dini;

c.      menyusun  kelender dan bahan ajar Pendidikan Anak Usia Dini;

d.   menyusun petunjuk pelaksanaan penilaian hasil belajar-mengajar Pendidikan Anak Usia Dini;

e.      menetapkan petunjuk pelaksanaan pengelolaan  Pendidikan Anak Usia Dini;

f.       mengadakan pengembangan manajemen untuk peningkatan mutu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini;

g.   memfasilitasi pelaksanaan akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat;

h.   melaksanakan pendataan, pembinaan, dan pemberdayaan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini;

i.    mengkoordinasikan dan mempersiapkan pelaksanaan pemberian bantuan pendidikan kepada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini:

1.   Pengelolaan BOP PAUD

2.   Honorarium Kinerja Kepala/Guru PAUD (BKK)

j.    melakukan pendataan, perencanaan dan pemenuhan sarana dan prasarana lembaga Pendidikan Anak Usia Dini;

k.   merencanakan dan melaksanakan pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas, ruang perpustakaan, ruang belajar, dan ruang-ruang lainnya pada Pendidikan Anak Usia Dini;

l.       merencanakan dan melaksanakan pemberian bantuan alat peraga pembelajaran, buku pelajaran dan buku referensi perpustakaan Pendidikan Anak Usia Dini;

m.   merencanakan dan memberi bantuan peralatan IT untuk Pendidikan Anak Usia Dini;

n.    melaksanakan penyediaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Anak Usia Dini :

1.   Pembinaan IGTKI, HIMPAUDI, PKG

2.   Mengkordinasikan Pengawas TK/ Penilik PAUD

3.   Pembinaan Kedisiplinan Pendidik ( Guru TK/PAUD dan Pengawas TK)

o. melaksanakan pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini:

1.   Penilaian Angka Kredit (PAK) (Guru TK/PAUD, Pengawas TK)

2.   Mengkordinasikan Kenaikan Pangkat / Gaji Berkala/Usul Pensiun

3.   Diklat Mapel (Peningkatan Kompetensi Pribadi), PKB;

4.   Mengkoordinasikan Surat Ijin Belajar;

5.   Usul Cuti

p.  melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal/Informal.

(2)   Seksi Penyelenggaraan Pendidikan Non Formal/Informal, mempunyai tugas :

a.     merencanakan dan melaksanakan anggaran Pendidikan Non Formal dan Informal;

b.   menetapkan petunjuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Pendidikan Non Formal dan Informal;

c.      menetapkan kelender, bahan ajar dan jam efektif Pendidikan Non Formal dan Informal;

d.     menetapkan kebijakan dan petunjuk pelaksanaan penerimaan peserta didik Pendidikan Non Formal dan Informal;

e.   menetapkan petunjuk pelaksanaan penilaian hasil belajar-mengajar Pendidikan Non Formal dan Informal;

f.       menetapkan petunjuk pelaksanaan pengelolaan Pendidikan Non Formal dan Informal;

g.    mengadakan pengembangan manajemen peningkatan mutu lembaga Pendidikan Non Formal dan Informal;

h. memfasilitasi pelaksanaan akreditasi Pendidikan Non Formal dan Informal yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat;

i.       melaksanakan pendataan, pembinaan, dan pemberdayaan lembaga-lembaga Pendidikan Non Formal dan Informal;

j.     mengkoordinasikan dan mempersiapkan pelaksanaan pemberian bantuan pendidikan kepada lembaga Pendidikan Non Formal dan Informal:

1.   Pengelolaan BOP Kesetaraan

k.   melakukan pendataan, perencanaan dan pemenuhan sarana dan prasarana lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dan  Sekolah Dasar;

l.    merencanakan dan melaksanakan pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas, ruang perpustakaan, ruang belajar, dan ruang-ruang lainnya pada Pendidikan Non Formal dan Informal;

m.   merencanakan dan melaksanakan pemberian bantuan alat peraga pembelajaran, buku pelajaran dan buku referensi perpustakaan Pendidikan Non Formal dan Informal;

n.     merencanakan dan memberi bantuan peralatan IT untuk Pendidikan Non Formal dan Informal;

o. melaksanakan penyediaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Non Formal/Informal:

1.   Pembinaan FK-PKBM, F-LKP, F-TBM

2.   Mengkordinasikan Penilik PNFI

3.   Pembinaan Kedisiplinan Pendidik ( Guru, Penilik PNFI) dan Tenaga Kependidikan PNFI (Pengelola)

p. melaksanakan pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Non Formal/Informal:

1.   Penilaian Angka Kredit (PAK) (Penilik PNFI)

2.   Mengkordinasikan Kenaikan Pangkat / Gaji Berkala / Usul Pensiun

3.   Diklat Mapel (Peningkatan Kompetensi Pribadi);

4.   Mengkoordinasikan Surat Ijin Belajar;

5.   Usul Cuti

q.   melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal/Informal.